Langsung ke konten utama

MENGGELAR KANVAS MELUKIS WARNA, Apa Itu?

Menggelar Kanvas Melukis Warna bukanlah kegiatan atau acara melukis bersama untuk memperingati suatu peristiwa. Memang secara umum dapat dimengerti sebagai suatu event, akan tetapi Menggelar Kanvas Melukis Warna adalah judul besar dari buku yang diterbitkan PK IMM Ki Bagus Hadikusumo bekerjasama dengan Penerbit Oase Pustaka. Menggelar Kanvas Melukis memiliki judul lengkap yang cukup panjang, yaitu,

“MENGGELAR KANVAS MELUKIS WARNA : Peran dan Gagasan Pemikiran Kader IMM Ki Bagus Hadikusumo UNS Solo Menuju Langkah Seabad Ikatan”




Pemberian judul besar itu bukan tidak memiliki arti, Menggelar Kanvas Melukis Warna dapat diartikan sebagai upaya mencipta sejarah dengan tinta berbagai warna. yang nantinya bisa dikenang dan tentunya memiliki arti tersendiri, tidak hanya bagi kader IMM Ki Bagus Hadikusumo melainkan untuk kader IMM secara umum. Tinta dengan berbagai warna di sini bukanlah tinta sungguhan, melainkan warna atau bisa diartikulasikan sebagai gaya pergerakan dan pemikiran yang dibawa oleh setiap kader pada masanya. Di dalam buku inilah pembaca dapat melihat sekelumit ciri khas dari tinta tinta yang ditorehkan oleh para kader IMM Ki Bagus Hadikusumo dari periode awal, yaitu periode 2000/2001, hingga periode 2013/2014.

Buku Menggelar Kanvas Melukis Warna adalah kumpulan artikel dari para kader IMM Komisariat Ki Bagus Hadikusumo yang telah menjadi alumni. Mereka menginginkan IMM kembali pada ruh-nya yang termaktub dalam Tri Kompetensi Dasar, Religiusitas, Intelektualitas, dan Humanitas. Ide pengumpulan artikel dari para alumni ini bermula pada bulan bulan menjelang diselenggarakan Muktamar XVI di Universitas Muhammadiyah Surakarta akhir Mei 2014 silam. Buku ini dirancang oleh Tim Penyusun yang juga merupakan Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan periode 2013/2014, waktu itu di gawangi oleh Immawati Nurul Hidayati, selaku Kepala Bidang, dan Immawati Nida’ulUrwatul Wutsqa, selaku Sekretaris Bidang.. Keduanya sekarang merupakan alumni dan mahasiswa semester akhir Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Pada saat menjalankan usaha penerbitan buku itu Tim Penyusun dibantu beberapa alumni yang aktif dalam dinamikan pergerakan mahasiswa di lingkungan Kampus UNS serta aktif di organisasi otonom Muhammadiyah lainnya. Mereka adalah Immawan M. Aziz Proklamalatu, Immawan Aminuddin Abdul Jabbar, dan Immawan Yogie S. Prabowo

Pada awalnya buku  ini direncakan akan terbit di tahun 2014 itu juga. Karena beberapa kendala dan perdebatan yang cukup memakan waktu  serta naskah buku nyaris hilang membuat recana itu mundur begitu lama. Pada akhirnya dengan berucap syukur Alhamdulillah buku ini bisa terbit di awal tahun 2016. Adapun konten dari buku ini terbagi dalam tiga pembahasan, yaitu, Organisasi dan Perkaderan, Gerakan Mahasiswa dan Politik, serta Sosial Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.  Buku Menggelar Kanvas Melukis Warna ini diberi pengantar oleh salah satu cucu dari Ki Bagus Hadikusumo yang sekaligus seorang senator DPD RI wakil dari DI. Yogyakarta periode 2009/2014 dan 2014/2019, beliau adalah M. Afnan Hadikusumo. Juga diberi sambutan oleh Ketua DPD IMM Jawa Tengah periode 2015/2017, Immawan Yedi Mulya Permana, dan Sekapur Sirih oleh Ketua Umum PK IMM Ki Bagus Hadikusumo periode 2013/2014 sekaligus Anggota Bidang Kader PP IPM Periode 2015/2017, Immawati Arifah Cahyo Andini S.

Artikel yang terdapat dalam buku ini antara lain

Bagian 1. Organisasi dan Perkaderan

1.     Dialog Imaginer Dengan Ki Bagus Hadikusumo
Oleh : Suedy
2.      Ber-IMM, Investasi Dunia Akhirat
3.      Merangkai Zaman
4.      Tantangan IMM Pada Era Globalisasi
5.      Menuju Kebebasan Berfikir, Sebuah Refleksi Bersama
6.      IMM : Kader, Dakwah, Dan Kelanjutan Masa Depan Muhammadiyah
7.      Peran Strategis Kader IMM Dalam Mekanisme Transformasi Kader Muhammadiyah
8.      Organisasi Dan Kaderisasi
9.      Organisasi Dan Perkaderan

Bagian 2. Gerakan Mahasiswa Dan Politik Kampus

1.      Menemukan Kembali Gerakan Kita (Dari Komisariat Untuk Peradaban)
2.      Mendambakan Independensi Dan Kemandirian Gerakan Mahasiswa
3.      Dinamisasi Gerakan Mahasiswa Kampus Hijau
Bagian 3. Sosial Ekonomi Dan Pemberdayaan Masyarakat

1.  Pengembangan Masyarakat Binaan Melalui Usaha Pemberdayaan : Kontribusi Nyata Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berbasis Keilmuan
Oleh : Lailatusysyukriyah
2.      Perluasan Penampang Pribadi Menuju Masyarakat Madani

Buku yang kami hadirkan ini adalah buku pertama kami yang sesungguhnya adalah edisi milad Setengah Abad. Selanjutnya kami berencana menghadirkan buku kedua dengan edisi yang berbeda. Insyaa Allah.

Semoga buku ini menginspirasi para kader IMM dimanapun berada untuk terus berkarya dan terus berfastabiqul khairot.

Bila mungkin ada yang tertarik dengan buku ini bisa hubungi melalui akun Facebook Immawan Yopi Adi Firmanda atau Nurul Hidayati untuk mendapatkannya, atau melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/immuns.

Komentar

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, love it.
    judi dewa poker terbaik indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar, komentar yang tidak sesuai dengan postingan akan di hapus.

Postingan populer dari blog ini

Tuhan Inilah Proposal Hidupku

Beberapa waktu yang lalu, saya tertarik dengan resensisebuah buku berjudul Tuhan  Inilah Proposal Hidupku karya mas Jamil Azzaini terbitan gramedia, saya membaca resensi tersebut di situs pengusahamuslimdotcom. Setelah mengumpulkan uang saku untuk membeli buku tersebut bukan mendownload buku Tuhan Inilah Proposal Hidupku secara ilegal di 4shared, ziddu, atau mencari ebook dalam format pdf akhirnya saya mendapatkan buku tersebut di toko buku gramedia slamet riyadi surakarta dengan harga yang cukup mahal bagi saya yaitu Rp.45.000 untuk sebuah buku dengan tebal 99 halaman ini. Untuk sebuah workbook, saya rasa harga tersebut sangatlah pantas. Buku yang saya beli adalah buku cetakan keempat maret 2010.
Langsung saja ke inti dari tulisan ini, dimana saya mecoba untuk membuat sebuah resensi kecil tentang buku Tuhan Inilah Proposal Hidupku. Sebelum membaca buku ini, saya sarankan Anda untuk membaca buku Kubik Leadership (telah di cetak beberapa kali), DNA Sukses Mulia (Buku baru) dan Menyema…

MASTA 2013

******SEDIKIT TAPI MEMUKAU********
Ada pepatah tak kenal maka tak sayang. Itulah yang sering kita dengar bila dalam sebuah perkenalan. Nah dalam bahasa Arab sering kita dengar kata “Ta’aruf” yang secara harfiah diartikan perkenalan. Sering juga kita mengerti kata ta’aruf diidentikkan dengan perkenalan antara seorang ikhwan dan akhwat bila hendak menikah. Tapi ta’aruf dalam hal ini bukanlah untuk mencari jodoh, akan tetapi  ta’aruf di sini adalah ta’aruf antara mahasiswa baru dan juga kader IMM UNS dengan Pimpinan Komisariat IMM Ki Bagus Hadikusumo UNS.

Tanggal  5 oktober 2013 tepatnya,  Pimpinan Komisariat IMM Ki Bagus Hadikusummo UNS mengadakan Masa  Ta’aruf bertempat di Pesantren Mahasiswa Muhammadiyah Tanwirul Fikr. Tidak seperti bila di universitas muhammadiyah jika mengadakan MASTA bisa berlangsung dua sampai tiga hari, di IMM UNS ini cukup sehari saja mengingat sumber daya manusia yang  tidak sebanding dengan universitas-universitas muhammadiyah. MASTA tahun ini PK IMM mengambil t…

Surga Terlalu Luas Untuk Dinikmati Sendiri

Kalaulah da'wah indah untuk dinikmati sendiri,
Tidaklah rasululllah menjadikan Abu Bakr sebagai teman hijrahnya,
Tidaklah rasulullah menjadikan Abdullah bin Abu Bakr sebagai media informasi hijrahnya,
Tidaklah rasulullah menjadikan Amir bin Fuhairah sebagai penghapus jejaknya,
Dan tidaklah Asma binti Abu Bakr mengantarkan makanan kepada rasulullah dan ayahandanya slama bersembunyi di gua Tsur PUN ia sedang hamil tua.

Derai air mata sebagai saksi perjuangan
Setetes keringat pun kan bersaksi
Betapa indahnya mereka bersama di jalan da'wah