“MEMBUMIKAN IKATAN MENUJU PERGERAKAN YANG BERKEPRIBADIAN” MASTA IMM UNS



“Membumikan Ikatan Menuju Pergerakan Yang Berkepribadian” merupakan tema yang diusung oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( IMM ) Ki Bagus Hadikusumo UNS dalam acara Masta Ta’aruf ( MASTA ) pada Ahad, 18 September 2016 di Balai Muhammadiyah Kota Surakarta. Masta merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna mengenalkan Organisasi Muhammadiyah dan ortom-ortomnya, khususnya IMM kepada kader – kader baru yang memiliki ketertarikan dengan IMM di Universitas Sebelas Maret. Sehingga diharapkan kader dapat lebih memahami hubungan antara Islam dan Muhammadiyah serta pergerakan mahasiswa dan IMM. Selain itu, selaras dengan tema yang diangkat, diharapkan IMM Ki Bagus Hadikusumo dapat lebih dekat dengan kadernya sehingga dapat terjalin sinergisitas antara pimpinan dan kader guna menuju pegerakan mahasiswa yang memiliki kepribadian layaknya Muhammadiyah.
Masta periode 2016 ini dihadiri oleh 14 peserta yang berasal dari beberapa fakultas di UNS diantaranya adalah fakultas MIPA, Kedokteran, Sastra dan Ilmu Budaya, Hukum, FISIP, FKIP, dan Teknik. Masta kali ini juga menyuguhkan tiga materi utama yaitu “Islam dan Muhammadiyah”, “Kemahasiswaan” dan Ke-IMM-an.
Materi Islam dan Muhammadiyah disampaikan oleh Immawan Yedi Mulya Permana, Ketua Umum DPD IMM Jawa Tengah. Diawal materinya beliau mengajak para kader untuk saling mengenal satu sama lain. Pada kesempatan itu pula, Ketua Umum DPD IMM Jawa Tengah tersebut menyampaikan bahwa agama Islam merupakan rahmat bagi semesta alam, sehingga dalam pergerakannya, Muhammadiyah lebih fokus kepada dakwah yang sifatnya muamalah. Hal ini dimaksudkan untuk ikut membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia. Bukan untuk memecah belah negeri ini yang masyarakatnya memang sudah majemuk.
Sedangkan, materi Ke-Mahasiswa-an dan Ke-IMM-an dipaparkan oleh beberapa perwakilan pimpinan cabang IMM kota Surakarta yang baru dilantik. Materi diawali dengan penyampaian materi Kemahasiswaan. Setelah itu, dilakukan pembagian kelompok-kelompok kecil dengan satu orang pendamping dari Pimpinan Cabang. Pada kelompok – kelompok ini kader diajak berinteraksi dan diskusi seputar IMM guna melatih komunikasi dan menjalin keakraban antara Pimpinan Cabang IMM kota Surakarta dengan kader IMM Ki Bagus Hadikusumo UNS. (Immawati Arin DR)


 

Komentar